6 Alasan Seseorang Memilih Pulang kampung Di Hari Lebaran

selamat mudik lebaran


Pulang kampung saat lebaran atau yang biasa dikenal sebagai mudik lebaran, sekarang sudah bisa dikatakan menjadi budaya bangsa Indonesia. Bagaimana tidak, setiap tahun jutaan masyarakat Indonesia secara serentak melakukan perjalanan panjang untuk kembali ke kampung halamanya. 

Secara serentak inilah yang menjadikan budaya mudik di Indonesia ini menjadi sangat spesial. Bahkan setiap tahunnya hampir semua stasiun televisi di Indonesia melaporkan bagaimana situasi jalan di beberapa titik secara live, yang dapat di gunakan masyarakat sebagai rujukan untuk perjalanan mudiknya.

Mudik sendiri menurut Wikipedia adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Kata mudik berasal dari kata bahasa Jawa ngoko yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. 

Namun apasih alasan seseorang memilih pulang kampung saat lebaran? Inilah 6 alasan yang biasanya dipakai seseorang untuk memilih pulang kampung saat lebaran.

1. Lebaran Adalah Waktu Yang Paling Pas Untuk Mengunjungi Orangtua
 
Meskipun bukan hanya di waktu lebaran saja kewajiban seorang anak untuk mengunjungi orang tuanya, tetapi kalian setuju bukan alasan mengapa banyak orang yang memilih pulang kampung saat lebaran adalah karena lebaran merupakan waktu yang paling pas untuk mengunjungi orang tua. 

Bagi mereka yang masih single mungkin bisa kapan saja, namun bagi mereka yang sudah mempunyai keluarga sendiri sedikit kesulitan untuk menyamakan waktu antara pekerjaan istri dan sekolah anak-anaknya dengan waktu libur yang diperoleh dari kantornya. Di hari Lebaran inilah merupakan momentum yang sangat pas, sebab menurut orang tua jaman dahulu, lebaran tidak berkumpul dengan semua anak-anaknya serasa tidak komplit suatu keluarga.

Mudik Lebaran yuk...


2. Waktu yang paling pas untuk bertemu keluarga besar 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hari raya lebaran adalah waktu yang paling pas untuk bertemu keluarga besar. Baik dari keluarga dekat maupun keluarga jauh. Silaturrahmi keluarga besar harus selalu di jaga, begitu pesan orang tua kita. 

Biasanya tempat yang paling sering di gunakan untuk kumpul keluarga besar adalah tempat seseorang yang di tuakan di keluarga besar tersebut. Disana kita dapat berkumpul dan bertemu dengan om, tante, keponakan, kakak, adik, pa'de, budhe, kakek, nenek, kaka ipar, adik ipar, saudaranya kakek, saudaranya nenek, adiknya kakek, adiknya ennek, anak adiknya kakek, cucu adiknya nenek pokoknya semua keluarga besar deh,, sampai kadang kita sendiri baru kenal bahwa mereka yang awalnya tidak kita kenal ternyata adalah saudaramu sendiri.

Tapi siap-siap saja di tanyain, kapan lulus kuliah? kapan nikah? kapan punya anak? kapan si kecil di kasih adek lagi? dan pertanyaan kapan-kapan yang lainnya.
 
3. Waktu yang Paling Pas Untuk Temu Kangen Teman-teman Lama (Reuni)

Nah, seseorang memilih pulang kampung saat lebaran, salah satu alasanya adalah karena ada agenda reuni dengan temn-teman lama. Biasanya sehabis lebaran adalah hari dimana undangan reuni disebar. Entah undangan reuni SD, reuni SMP, reuni SMA, ataupun reuni teman-teman bermain semua menumpuk. 

 Dan lebaran inilah yang merupakan waktu yang paling pas untuk temu kangen teman-teman lama, sebab di hari lebaran inilah kebanyakan orang yang habis merantau di luar kota atau luar negeri akan pulang.

Rasanya tidak seru bukan jika kamu sendirian yang tidak mengikuti reuni bersama teman-teman lamamu? Awas nanti kamu ketinggalan gosip hangat teman-teman kecilmu..


4. Makanan Khas dan Suasana Lebaran di Kampung Bikin Kangen 

Suasana lebaran di kampung yang meriah juga bikin kangen yang akhirnya membuat sesorang berfikir dua kali kalau lebaran tidak pulang kampung. terlebih lagi untuk makanan khas bikinan nyokap yang biasa disiapkan khusus di hari lebaran. Pasti ada rasa menyesal kalau di hari lebaran, kamu malah bercokol di kota orang ketimbang pulang ke kampung halamanya sendiri.

5. Panen Libur

Mana ada lagi sih hari yang punya libur panjang selain hari raya lebaran. Panen libur panjang bisa dimanfaatkan untuk pulang kampung dan berlibur bersama keluarga besar. Dan semua tidak akan ada yang menolak. betul?

Kalo alasan kalian memilih pulang kampung di hari lebaran apa? silahkan share di kolom komentar ^_^

Related Posts:

1 Response to "6 Alasan Seseorang Memilih Pulang kampung Di Hari Lebaran"

  1. pokonya lebaran di kampung halaman itu sangat diharapkan sekali sama anak rantau seperti saya, karena dapat berkumpul bersama keluarga dan teman teman lama

    ReplyDelete