Iljin dan Budaya Bullying di Korea



Hallo sobat abcadalima. Hari ini saya masih menunggu downloadan drama korea berjudul "Who Are You: School 2015" Tapi disini saya tidak akan membahas tentang drama yang dibintang si cantik  Kim So Hyun dan si tampan Nam Jo Hyuk, namun saya akan mencoba membahas tentang Iljin dan Budaya Bullying di Korea.

Bagi kalian para pecinta Drama Korea pasti sudah sering menonton drama yang bertema anak sekolahan bukan. Sebut saja drama-drama populer seperti Boys Before Flowers, Dream High 1, School 2013, School 2015, Angry Mom, The Heirs, Queen Classroom, itulah sederet drama-drama yang di dalamnya ada kasus pembullyan dikalangan anak sekolahan. 

Untuk drama korea bertema anak sekolahan, selain alur ceritanya yang selalu fresh dan tokoh pemainya yang masih muda-muda, drama korea bertema anak sekolahan juga bisa mengingatkan kita tentang masa-masa sekolah. Seperti kisah tentang persahabatan, kisah tentang cinta pertama dan kisah-kisah seru khas anak sekolah yang lainnya.

Namun sobat pernahkah kalian perhatikan, mengapa drama korea yang bertema anak sekolahan selalu tidak jauh dari bullying, apakah benar bahwa drama-drama bertema anak sekolah yang tidak jauh dari pembullyan merupakan gambaran asli dari kehidupan sekolah para anak-anak di Korea sana?

Meskipun tidak tahu pastinya, tetapi budaya membully di kalangan pelajar korea memang ada, sering kita mendengar istilah Iljin bukan, Iljin adalah kelompok anak yang hobi "mengejek" sampai melakukan tindakan kasar kepada siswa lainnya.

Pada dasarnya, sistem pergaulan anak SMA di Korea ada 3: Iljin, Ijin, Samjin. Iljin itu kelas 1, Ijin itu kelas 2, dan Samjin itu kelas 3. Ini maksudnya bukan tingkatan secara akademis, tapi tingkatan/ kasta dalam pergaulan. 

Kelas Iljin itu biasanya diisi oleh anak-anak populer, sedangkan Ijin biasanya diisi oleh anak-anak yang biasa-biasa saja. anak-anak Ijin (kelas 2) ini biasanya anak yang diam saja ketika melihat temannya kena bully, soalnya mereka tidak ingin ikut menjadi korban bully anak lain. Sementara samjin atau kelas 3 biasanya diisi oleh 'anak-anak sampah'--anak-anak yang biasanya dibully oleh Iljin, atau anak-anak yang biasanya menjadi korban empuk para pembully Iljin.

Iljin atau yang lebih tepatnya mirip dengan Gangstar ini menjadi sangat populer di Korea. Anggota Iljin biasanya menganggap kalau dirinya adalah siswa paling "Nomor 1" di sekolah. Mereka cenderung sangat bangga ketika melakukan bullying dan membuat seseorang terluka karen tindakannya. 

Para Iljin ini sering mengambil kontrol para siswa di sekolah dengan kekuatan fisiknya. Para anggota Ijlin juga senang merekrut siswa yang mempunyai nilai bagus, karena dengan cara itu maka mereka bisa mengangkat 'figur' mereka dan membela diri dari para guru ataupun dari intimidasi sekolah. 

Salah satu anggota Iljin di sebuah sekolah menengah di Seoul mengatakan, "Kalau kami memasukkan siswa teladan ke dalam Iljin, maka mereka bisa menjadi pelindung kami dan para guru tidak akan menganggu kami. Dan mereka para siswa teladan bisa membebaskan dirinya dari kekhawatiran akan intimidasi dari kami".  

Kendati demikian, mereka kerap merasa kasihan dengan siswa-siswa yang sering di bully-nya. Tapi di sisi lain, di hampir seluruh sekolah di Korea Selatan menempatkan "harga diri" di peringkat pertama. Alhasil kalau mereka tak bisa mengangkat harga dirinya lewat prestasi akademik, maka para anggota Iljin akan melakukannya lewat kekuatan fisik dan bullying. 

Sampai saat ini polisi di Korea telah mulai menerapkan tindakan keras terhadap Iljin. Pihaknya berjanji akan mengendalikan kekerasan di sekolah. Tapi sepertinya hal itu hanya akan bertahan dalam jangka pendek. Karena selagi siswa masih berkompetisi untuk menjadi "yang terbaik" di sekolahnya dan selama persaingan antara teman sekelas tetap intens, siswa akan mencari pengakuan atas kehadiran mereka, maka Iljin masih akan terus ada bahkan bangkit dan lebih maju dari sekarang.
Ya, kelompok yang hobi banget "mengejek" sampai melakukan tindakan kasar kepada siswa lainnya ini dikenal dengan nama Iljin. - See more at: http://remaja.matawanita.com/read/2014/09/04/212466/iljin-sebutan-untuk-geng-tukang-bully-di-sekolah-korsel#sthash.ochhrzz4.dpuf
Ya, kelompok yang hobi banget "mengejek" sampai melakukan tindakan kasar kepada siswa lainnya ini dikenal dengan nama Iljin. - See more at: http://remaja.matawanita.com/read/2014/09/04/212466/iljin-sebutan-untuk-geng-tukang-bully-di-sekolah-korsel#sthash.ochhrzz4.dpuf

Related Posts:

1 Response to "Iljin dan Budaya Bullying di Korea"

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete