Tips Menabung dengan Gaji 700 Ribu

Anda yang mampir ke postingan saya ini, saya tebak pasti anda memiliki gaji sebulan hanya sekitar 700 ribu sampai 1 juta rupiah. Benar bukan?  Oleh karena itu, mari simak tips dan trik dari saya ini. 

Artikel yang saya tulis ini adalah hasil dari pengalaman saya sendiri, bagaimana pun saya hanya seorang pekerja yang berpenghasilan hanya 700 rbu dalam sebulan. 

Sangat bingung dalam mengelola uang 700 ribu dizaman sekarang ini, tapi karena kebutuhan dimasa depan, maka harus menyisihkan beberapa uang untuk tabungan. 

Baiklah, simak tips dari saya ini. Tips menabung dengan Gaji 700 ribu sebulan. 

1. Anggarkan 100 ribu untuk jajan dalam satu bulan
Jangan mengikuti hawa nafsu, jika kamu ingin menabung.  Hentikan semua hobi kamu nongkrong gak jelas yang mengeluarkan hanya biaya, mulai tekan pengeluaran, dan alihkan uang jajan kamu untuk sesekali membeli bahan-bahan untuk membuat camilan dirumah yang super irit. Bayangkan, hanya dengan uang 10 ribu, kamu bisa membeli kentang dan tepung maizena, dan buatlah stik kentang sendiri dirumah, bisa juga membuat stik Ubi, atau kripik singkong. Atau kamu hanya menghabiskan uang 15 ribu untuk membuat bolu kukus sederhana. Saya sudah mempraktikkan sendiri. 

2. Anggarkan 60 ribu untuk paket internet sebulan
Zaman sekarang, rasanya ambyar jika tidak bisa berselancar di dunia maya, maka kamu harus membeli paket internet bulanan agar dalam satu bulan kamu tidak pusing karena kuota habis. Saya sendiri menggunakan kartu Tri,  dan mengeluarkan hanya 60 ribu sebulan , apalagi gratis yutub selama 15 hari. Kan lumayan. 

3.  Anggaran 300 ribu untuk makan
Jika kamu masih ikut orang tua seperti saya, maka anggaran ini akan aman dan bisa masuk ke tabungan, tetapi saya ikut orang tua dan harus membiayai adik sekolah SMA, maka meskipun saya gratis makan, Anggaran ini saya alihkan untuk biaya sekolah adik saya, adakalanya jika ada keadaan darurat,  maka anggaran ini juga bisa saya pakai untuk keperluan darurat. 

4. Anggaran 100 untuk insidental
Anggarkan 100 ribu untuk keperluan mendadak, seperti kondangan, menjenguk teman yang sakit, anggaran ini sedikit namun sangat penting.  Apalagi jika musim kondangan tiba, maka kita kepalanya pusing tujuh keliling. Makanya jika dalam sebulan tidak ada keperluan insidental, maka anggaran ini bisa diamankan dulu untuk bulan depan. 

5. Jangan lupa bersedekah, 40 ribu
Sedikitnya rezeki kita, diniatkan untuk berbagai dengan sesama, jangan lupa sedikit menyisihkan uang untuk sedekah, bisa dengan membelikan makanan kecil untuk anak-anak yatim piatu yanga da dilingkungan rumah, bisa dengan memberikan dimasjid atau mushola. Bersyukur lah agar kita dicukupkan oleh Allah SWT. 

6. Ada sisa 100 ribu yang bisa kalian tabung
Alhamdulillah, setiap bulan wajib menabung 100 ribu. Untuk kebutuhan besar yang bisa kita andalkan ditahun tahun mendayan.  Jika anda konsisten, maka anda bisa menambah jumlah yang akan ditabung,

Ada sedikit catatan: yang jelas, seperti beras,  sayur-sayuran, lauk pauk,  kalian harus bisa stok dari anggaran makan, manfaatkan keahlian memasak kalian untuk irit. 

Rezeki sedikit asalkan halal, harus selalu kita syukuri. Sebab Allah akan selalu mencukupkan rezeki kita, jika kita mau bersyukur. 

Sdikit pengalaman saya, ketika saya sedang mengalami masa sulit, saya mengeluarkan modal 100 ribu untuk mencoba berjualan kecil-kecilan seperti menggoreng makaroni pedas dan dititipkan dikantin-kantin sekolah, alhamdulillah sedikit demi sedikit ana uang tambahan dari hasil jualan. Tidak disangka,  teman teman ku juga terinspirasi dengan menjual sosis goreng, sosis bakar, es teh dll.  Alhamdulillah kita semua bisa belajar menghargai rizki dan menghargai uang. 

Ayo menabung untuk masa depan

Related Posts:

0 Response to "Tips Menabung dengan Gaji 700 Ribu"

Post a Comment