Jenis - jenis karangan


sebelum kita membahas tentang jenis-jenis karangan, kita harus mengetahui dulu apa sih pengertian dari karangan itu. 

Karangan adalah pengungkapan gagasan atau ide dalam sebuah karya tulis untuk dipahami oleh pembaca. Karangan terdiri dari karangan fiksi dan karangan nonfiksi. 

Karangan fiksi adalah karangan yang dibuat dengan menggunakan sisi imajinatif dari pengarang. Contohnya adalah dongeng dan cerita pendek.  Sedangkan karangan nonfiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan suatu kejadian atau realita yang benar-benar terjadi. Karangan nonfiksi dibagi menjadi karangan ilmiah dan karangan informatif.

Karangan ilmiah merupakan karangan yang dibuat berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian. Cara penulisannya memiliki struktur dan aturan tersendiri yang dibuat dan ditaati oleh masyarakat ilmiah. 

Karangan ilmiah ini harus mengungkapkan fakta-fakta yang didapat dari penelitian tanpa menambah maupun mengurangi hasilnya. Biasanya karangan ilmiah mencantumkan kesimpulan agar pembaca dapat lebih mudah memahami isi karangan. 

Ciri-ciri karangan ilmiah adalah tidak persuasif, tidak argumentatif, objektif, sistematis, dan teratur. Hal ini menyebabkan karangan ilmiah tidak begitu menarik dan kemungkinan pembaca akan merasa bosan.

Jenis-jenis Karangan

a. Eksposisi

eksposisi adalah karangan atau wacana yang menyelesaikan suatu informasi kepada pembaca sehingga menggembangkan wawasan mereka.

bentuk karangan eksposisi ada yang panjang dan ada yang pendek. karangan eksposisi panjang misalnya skripsi laporan tertulis tentang suatu penelitian. 

Karangan Eksposisi pendek misalnya surat resmi, masalah atau petunjuk cara pembuatan suatu barang yang berhubungan dengan home industri, pemakaian obat dan lain-lain.

b. Persuasi

Persuasi adalah karangan yang memaparkan bukti untuk menyakinkan pembaca. sifat karangan ini adalah menghimbau, mengajak dan mempengaruhi.

contoh prosek baik seseorang menjadi anggota koperasi dibuktikan dengan fasilitas dan keuntungan yang bisa  dinikmati para anggotanya.

c. Argumentasi

Argumentasi adalah jenis karangan yang memaparkan alasan untuk memperkuat pendapat atau gagasan untuk dapat diterima kebenaranya.

contoh: karena masyarakat idak bisa menjaga lingkungan dengan baik, maka pada musim kemarau sumber-sumber air menjadi air kering (berupa slogan).

d. Narasi

Narasi adalah karangan yang berupa cerita fiksi suatu kejadian disertai konflik dan penyelesaianya.

e. Deskripsi

Deskripsi adalah jenis karanan yang menggambarkan/ menuliskan secara jelas, terperinci tentang suatu yang dirasakan, dialami, dengan indra.

contoh: menggambarkan suasana ramainya terminal/ keindahan suatu objek pariwisata.

Related Posts:

0 Response to "Jenis - jenis karangan"

Post a Comment