Semi Final Sudirman Cup 2015: China Masih Terlalu Tangguh Untuk Indonesia

Tim China saling berangkulan tangan untuk menjaga kekompakan


Berakhir sudah perjuangan Indonesia di Sudirman Cup 2015. Indonesia akhirnya menyerah 1-3 dari tuan rumah China setelah Greysia Polii/ Nitya Krishinda kalah rubber set di partai ke-4. Nyatanya China benar-benar masih terlalu tangguh untuk Indonesia.
 
Pertandingan semi final Sudirman Cup 2015 antara Indonesia melawan China berlangsung pukul 12.00 wib. Pertandingan berlangsung sangat seru dan menegangkan. Stadion Dongguan, China juga terlihat sangat ramai oleh para pecinta bulutangkis negeri Tiongkok.

Satu point yang diperoleh Indonesia berasal dari partai Ganda Putra, sedangkan 3 kemenangan tiongkok diperoleh dari partai Tunggal Putra, Tunggal Putri dan Ganda Putri. Dan Sangat disayangkan ketika partai ganda campuran tidak di pertandingkan.

Partai pertama mempertemukan antara Hendra Setiawan/ Mohamad Ahsan melawan musuh bebuyutan Cai Yun/ Fu Haifeng. Partai ganda putra ini berlangsung sangat seru dan menegangkan. Untuk yang ke 4 kalinya dalam pertandingan Sudirman Cup 2015, Ahsan/ Hendra di daulat sebagai pembuka jalan Tim Indonesia.

Ahsan/ Hendra melawan cai/ Fu

Ahsan/ Hendra kembali sukses mengalahkan pasangan legendaris Juara Olimpiade 2012 Cai Yun/ Fu Haifeng 21-16 21-17. Dan untuk pertama kalinya pula China kehilangan poin di Sudirman Cup 2015.  

Dalam jalanya pertandingan, Set 1 baik pasangan Hendra/ Ahsan maupun Cai Yun/ Fu Haifeng bermain langsung menyerang dan menekan. Keduanya bermain sangat atraktif, namun kekompakan dan cover lapangan yang diperlihatkan Hendra/ Ahsan dengan sangat baik, sebaliknya tidak diperlihatkan oleh pasangan Cai Yun/ Fu Haifeng. Cover lapangan buruk Cai/ Fu mengakibatkan posisi pertahanan mereka gampang sekali tembus oleh smash keras Hendra maupun Ahsan. Alhasil set 1 diraih oleh Hendra/ Ahsan dengan 21-16.

Pada set 2, pelatih Hendra/ Ahsan memberikan masukan agar Hendra banyak bermain dengan netting tipis andalanya. Sebab untuk menghindari serangan smash keras yang dilakukan Fu Haifeng maupun Cai Yun. Baik Hendra maupun Ahsan juga diberi masukan oleh pelatih agar menghindari bermain drive cepat, karena Fu Haifeng ataupun Cai Yun sangat baik dalam bermain bola drive.

Kombinasi serangan cepat, netting tipis, bola silang, smash keras dan beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh Fu Haifeng pada set 2 mengantarkan Hendra/ Ahsan merebut set 2 dengan 21-17. Dengan kemenangan hendra/ Ahsan mengantarkan Indonesia memimpin lebih dulu 1-0 melawan China.

Namun momentum baik tersebut tidak dimaksimalkan oleh pemain tunggal putri Bellaetrix Manuputty. Di saat wajah Li Xueri terlihat sangat tegang, dan pertandingan baru dimulai serta skor berada di angka 3-5 untuk keunggulan Bellaetrix, tiba-tiba saja cidera datang kepada Bella. Yang mengharuskan Bella terpaksa retired dari pertandingan, maka sektor Tunggal Putri secara otomatis menjadi milik China tanpa perlawanan yang berarti.

Bella dipapah keluar lapangan


Sedangkan partai ke 3 adalah tunggal putra antara Chen Long vs Jonatan Christie. Pada pertandingan ini memang banyak yang mengakui kalau Jonatan kalah kelas terhadap Chen Long. Tetapi pertandingan Jonatan masih bisa dinikmati, sebab Jo bermain dengan menunjukan semangat juang yang tinggi. Meskipun akhirnya kalah 2 set langsung 21-10 21-15.

Partai ke 4 mempertemukan pasangan ganda putri Greysia/ Nitya melawan Yu Yang/ Tang Yuanting. Pertandingan tersebut berlangsung sangat ketat dengan rubber set. Untuk melawan Yu Yang, jalan keluar memang harus bermain bersih. Dalam artian Greysia/ Nitya harus bermain bagus dan jangan suka eror sendiri. Tetapi karena Eror yang banyak dilakukan pasangan Greysia/ Nitya akhirnya membawa kekalahan bagi mereka 17-21 21-17 21-15.

Kekalahan Greys/ Nitya membuat Tim Bulutangkis Indonesia harus tersingkir di semi final Sudirman Cup 2015. Dan Indonesia harus mengucapkan selamat tinggal Sudirman Cup 2015. 

Greysia Polii dan Yu Yang berpelukan usai pertandingan


Berikut result pertandingan semi final Sudirman Cup antara Indonesia vs China:

1MD
Cai YunChina
Fu HaifengChina
-
IndonesiaMohammad Ahsan
IndonesiaHendra Setiawan
16-21 17-210-1

0:33
2WS
Li XueruiChina
-
IndonesiaBellaetrix Manuputty
3-5 Retired1-0

0:07
3MS
Chen LongChina
-
IndonesiaChristie Jonatan
21-10 21-151-0

0:48
4WD
Tang YuantingChina
Yu YangChina
-
IndonesiaNitya Krishinda Maheswari
IndonesiaGreysia Polii
17-21 21-17 21-151-0

1:10
5XD
Zhang NanChina
Zhao YunleiChina
-
IndonesiaTontowi Ahmad
IndonesiaLiliyana Natsir






Bagi yang belum menonton pertandinganya, silahkan nonton disini:


Partai WS: Retired



partai XD: Tidak dipertandingkan

Related Posts:

0 Response to "Semi Final Sudirman Cup 2015: China Masih Terlalu Tangguh Untuk Indonesia"

Post a Comment